Selamat berjumpa kembali dengan Amantodm.blogspot.com. Kali ini saya mau membagikan satu tips untuk mengatasi Aki MF yang sudah mulai tekor.
Motor merupakan kendaraan yang sangat fleksible dan banyak digunakan sebagai alat transportasi di berbagai belahan bumi ini. Dengan kata lain bahwa motor masuk dalam kategori penting untuk pergerakan manusia di muka bumi ini.
Secara umum motor terdiri dari dua bagian penting, yaitu bagian mekanik dan bagian kelistrikan. Khusus untuk bagian kelistrikan dari motor, ada satu komponen yang namanya Aki. Aki ini mempunyai fungsi vital untuk motor. Fungsinya antara lain : menghidupkan motor starter atau yang biasa kita sebut electrict starter, memfungsikan klakson atau horn, lampu tanda belok kiri dan kanan, dll. Banyak bukan fungsi dari Aki untuk satu unit motor Anda?
Tips kali ini sebenarnya tidak murni hasil penemuan saya. Ini adalah saran dari seorang teman dari Surabaya. Kebetulan ia adalah seorang supir yang jarus ngurusin beberapa mobil majikannya. Ceritanya suatu waktu salah satu mobil majikan tersebut tidak bisa distarter. Kebetulan saya sedang ada di sana. Alhasil, dia melontarkan solusi ini yang padsa awalnya saya kurang percaya.
Sekembalinya dari Surabaya, saya ketemu kembali dengan motor Bajaz Pulsar 180dts-i milikku. Ternyata setelah hampir dua bulan saya tinggalkan, motor ga bisa diklakson, apalagi di starter listrik. Seminggu lamanya saya menghidupkan Motor dengan cara manual. Wahhhhh.... Capek benar menghidupkan si Bajaz Pulsar 180 ini. Akhirnya saya berfikir untuk mencoba solusi yang disarankan teman tadi. Bagaimana solusinya?
Sahabat reader amantodm.blogspot.com tentu tahu pendingin ruangan atau yang kita kenal dengan nama AC bukan? Setiap AC Pasti ada air pembuangannya yang dilaurkan dengan menggunakan slang. Air buangan ini biasanya menetes sedikit demi sedikit. Ternyata air buangan AC ini dapat kita pakai untuk menambah cairan di Àki berjenis MF, atau yang kita kenal sebagai Aki Kering.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Pertama tampung air AC dengan menggunakan botol Air mineral, setelah penuh buang air tampungan yang pertama tadi. Lalu ulangi sekali lagi.
Kedua buka penutup cairan Aki, lalu tuangkan air tampungan tadi secukupnya.
Ketiga, tutup kembali Akinya.
Hidupkan motor secara manual barang sehari agar Akinya terisi kembali, mimimal sehari.. Tujuannya agar akinya terisi kembali. Dan Aki pun siap dipakai untuk menghidupkan starter listrik.
Tips ini sudah saya praktekkan dan hasilnya josssss. Selamat mencoba kawan.