Kamis, 10 Februari 2011

Mengecek BCU Pulzar 180 dtsi


BCU Bajaj Pulsar
 Motor yang sehat adalah harapan setiap pengendara motor. Namun fakta membuktikan bahwa apa pun jenis motornya, pasti ada saja masalahnya. Bajaj Pulsar 180 dts-i memang menarik hati. Kalau di tinjau dari segi teknologi, boleh dikata bahwa motor ini tidak kalah dibandingkan kompetitornya yang berasal dari jepang. Motor ini memiliki banyak kelebihan, termasuk penggunaan BCU. Sekilas banyak orang akan terkesima dengan penggunaan komponen ini. Sebab ini adalah komponen yang umum digunakan pada kendaraan roda empat keluaran terbaru. Namun ternyata kelebihan motor ini sering kali menjadi faktor yang memusingkan penggunanya. Perhatikanlah petikan berikut ini :
Ini adalah satu contoh kasus yang saya kutip dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5212503&page=448 Originally Posted by muchsex View Post

    aah agan tau aja.. ane dulu kan ngojek gan
    maksud ane lampunya tu g pernah bener2 idup. sering mati..  mood2n
    kadang idup kadang mati
    lebih parah kalau malam.. ane g tau lari berapa tu motor

Beriku ini adalah tanggapan dari Rumangsang kaskuser :
    "ane pernah kyk gt gan,,d cek sikringny msh bagus,,pas ke BERES d periksa eh ga tau nya BCU kena. msti di ganti ktnya.tau ndiri harganya brp.ane coba ke BERES yg lain,,sama ktnya BCU nya kena,,tp d BERES yg satunya mekaniknya bisa ngebenerin BCU ga perlu ganti. minta 150,,ane nego jd cepek.skrng dah ga ada mslh lgi tuh...malahan dy nawarin wat lepas BCU tp ane ga berani"
Banyak pengguna Bajaj Pulsar kebingungan dengan masalah yang berhubungan dengan kendaraan miliknya. Pada prinsipnya, seperti dikatakan oleh pepatah :"orang yang tidak ahli selalu menyalahkan alatnya." Ungkapan ini saya angkat bukan untuk menyatakan bahwa saya lebih pintar dari Anda. Tidak demikian. Namun saya pun pernah ada pada posisi itu. Fakta kedua adalah bahwa tidak semua teknisi BERES pulsar mau repot. Sehingga dengan entengnya dia menyarankan user untuk menggantikan BCU tersebut. Matinya kelistrikan Bajaj Pulsar 180 DTS-i atau pun 200 tidak berarti bahwa BCU tersebut yang rusak. Oleh Karena itu, saya ingin berbagi pengalaman hal bagaimana mengetes BCU Pulsar. 

Dimanakah Letak BCU Pulsar dapat kita temukan?


Bagi kita orang awam, letak BCU ini tentu kudu di ketahui. BCU Atau Body Control Unit  ini diletakkan di dalam batok  lampu depan. Perhatikanlah gambar berikut yang saya kutip dari artikel  yang ditulis oleh Indraekamala di Otomotif  dengan judul :"Ganti Lampu Depan Pulsar 200" pada tanggal 31 Januari 2011. untuk lebih detilnya baca di
http://indraekamaula.wordpress.com/2011/01/31/ganti-lampu-depan-pulsar-200/
Letak BCU di bawaw Speedometer
Batok Lampu depan Pulsar. Buka empat baut di atas plus dua baut di sampingnya. kemudian lepaskan dengan hati-hati.


Apa fungsi BCU dan bagaimana proses kerjanya , serta bagaimana proses pengecekan BCU Pulzar 180 dts-i, lihat dipostingan berikutnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sy jg mau bg pnglmn. sbg pngguna pulsar ug3 dh slm 3thn.. trhir pnh nglmin hal srupa. bcu konslet. lmpu nyala tp mesin gag mau hdp n starter. stlh browsing hrgany cukp mhal hingga aqrny sy cari akal gmn crany mtor bs jln lg tnp bcu. dn cara sy tmukan. soketny sy jumper. antara lain. starter,klakson. yg pntng itu aja.motor dh jln. untuk lmpu dpn dn yg lain. hrus diakali dng mnymbung sndri dg kbel. smp saat ini udh 2thn mtor gag pnh rewel..